7 Hal Ini Pasti Pernah Kamu Alami Jika Kamu Pernah Jadi Santri


Tinggal di asrama,peraturan ketat,semua harus antri,itu semua sebagian dari suka dukannya hidup di pesantren ,Namun semua suka duka itulah yang membuat kamu kangen pesantren, karena dalam suka duka itu ada keindahan kebersamaan yang hanya kamu dapatkan di pesantren.
Jika kamu santri atau mantan santri pasti kamu pernah mengalami 7 hal-hal berikut ini:

1.Kamu Dapat “Hiburan” Cerita Horor Dari Seniormu Ketika Pertama Masuk Pesantren.
Memang sudah menjadi kebiasaan setiap pesantren pasti ada cerita horornya,dan seperti sudah jadi tradisi setiap ada anak baru masuk pesantren akan jadi target iseng-isengan para senior buat nakut-nakutin dengan cerita horor warisan senior terdahulu..
Senior: “Dulu di asrama ini, ada yang mati gantung diri karena ditinggal pacarnya!”
Kamu: (Dengan muka ketakutan) “Be… beneran Kak? Gantung diri dimana?”
Senior: “Iyalah beneran, ngapain gue ngibul?! Di kamar 301, eh itu kamar elo ya?”

2. Baju-Baju Kamu Jadi Punya Nama
Bukan karena kamu punya imajinasi berlebihan sampai-sampai baju juga punya nama,tapi ini salah satu alternatif biar baju kamu enggak ketuker dengan santri lain,ya maklum saja, hidup bersama-sama kadang-kadang semua barang seperti milik bersama, haha.....

3.Kamu Bahagia Banget, Pas Dikunjungi Orangtua
Di jenguk orang tua,hal yang paling excited (gembira) kalau di pesantren,rindu terlepaskan ditambah lagi dapat uang bulanan.tapi yang paling paling paling  membuat kamu gembira adalah ketika dijenguk pertama kali,setelah beberapa hari menahan rindu dengan orang tua,pas ketemu jebollah bendungan air mata...     

4. Kamu  Punya Prinsip Hidup Baru “One for All, All for One”
Masuk pesantren,hidup kamu berubah seratus delapan puluh derajat,kalau dulu bebas buat apa aja, pergi kemana saja,sekarang segalanya ada peraturannya,kalau dulu dirumah kamu paling marah kalau ada yang ngambil barang kamu,tapi sekarang berbeda,kebersamaan membuat kamu punya prinsip hidup baru “satu untuk semua,semua untuk satu” terutama masalah “penyakit”,mau gak mau tetapa harus mau hehe..,ya mau gimana lagi kalau sudah ada satu yang tertula penyakit yang menular, lama-lama akan tertular satu kamar terus satu lantai dan terus-seterusnya...penulis sendiri pernah mengalami hal serupa ketika di pesantren,waktu ada teman sekamar yang terkena “Skabies”,eh tau-tau penulis juga tertular, sampai satu kamar malah,beberapa bulan kemudian pesantren dihebohkan dengan darurat skabies .haha...
Tapi ada juga penyakit tidak menular jadi menular,contohnya begini ada satu teman yang sakit mah sehingga seksi bagian kesehatan terpaksa memberi izin pulang untuk berobat selama bebrapa hari,tiba-tiba beberapa hari kemudia ada lagi 2 sampai 3 orang yang mengalami sakit yang sama.aneh yaa..tapi mungkin bukan penyakit mah nya yang tertular tapi penyakit “galau” ingin pulang.ya bgitulah faktanya hidup di pesantren selalu berbagi dalam kebaikan,tapi ada juga kadang-kadang berbagi dalam keburukan.  

5. Bagi Kamu Keluar 5 Langkah dari Gerbang Pesantren Adalah Kebebasan Tiada Tara.
Terkurung dalam “Penjara Suci”,begitulah kata orang,seakan-akan puluh tahun ngak keluar padahal baru sebulan di pesantren.walau Cuma pergi ngambil uang di ATM depan pesantren yang hanya berjarak bebrapa langkah dari gerbang pesantren,rasanya senang banget bisa lepas dari segala peraturan pesantren walaupun hanya sesaat.

6. Kamu Ogah Balik Lagi Jika Pulang ke Rumah
Kalau udah ngerasain bebas dari pesantren entah itu libur puasa atau izin sebentar karena ada keperluan,paling malas balik lagi ke Penjara Suci,kalau disuruh balik sama orang tua pasti ada aja alasan,
Ortu :” adek.. cepat siap-sipa nanti sore balik ke pesantren..! “
Kamu : “ah.. ma,jemuran belum kering lagi.!,besok adek balek ya ma.. ”

7. Sering Juga Orang Menganggap Kamu Anak Super Alim
Suatu hari di bulan puasa…
Kamu: “Wiihh, udah banyak film baru nih!! Nonton yuk, mumpung gue belum balik ke pesantren!!”
Temen: “Beneran lo mau nonton? Gue kira elo mau i’tikaf biar dapat lailatul qadar.”
Orang diluar pesantren sih biasanya punya anggapan kalau udah ke pesantren kamu akan berubah seratus persen.mungkin karena orang mengira di pesantren kamu Kerjaannya cuma ngaji, nggak mau salaman sama lawan jenis, dan zuhud, alias meninggalkan segala kesenangan duniawi. Padahal, kamu juga masih suka nongkrong sama teman-teman kamu. Kamu pun masih punya jiwa muda yang suka coba-coba.

Menjadi santri adalah pelajaran berharga. Kebebasan menggunakan HP, pacaran, atau keluar asrama tak akan sebanding dengan segala cerita yang telah kamu rajut selama di ma’had sana. Terlepas Dari Suka Dukanya, Kamu Tetep Bersyukur Pernah Hidup Sebagai Santri.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Hal Ini Pasti Pernah Kamu Alami Jika Kamu Pernah Jadi Santri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel